Wednesday 5 June 2013

Objek Wisata Kota Pekalongan



 Tempat wisata atau objek wisata di Kota Pekalongan antara lain :

Museum Batik
Museum ini terdapat koleksi beraneka macam motif batik khas Pekalongan maupun daerah sekitarnya.  Terletak di Jl. Majapahit No. 7.  Di museum ini anda dapat melihat berbagai jenis batik dari waktu ke waktu.  Kita dapat mengamati perkembangan batik mulai jaman Belanda, pengaruh Jepang pada saat perang dunia kedua dengan motif jawa Hokokai, ada pula batik dari luar Jawa khususnya Sumatera yang banyak dipengaruhi oleh budaya islam yang tampak dari motif yang menyerupai kaligrafi tulisan Arab.  Koleksi museum ini cukup menarik, kita dapat melihat batik antik yang usianya mencapai 100 tahun lebih.  Ada pula kebaya encim yang biasa dipakai oleh wanita tionghoa di Indonesia.  Masih banyak koleksi menarik yang lain dapat anda lihat dimuseum ini.  Gedung Museum Batik Indonesia ini, dibangun dengan memanfaatkan gedung bekas Balai Kota Pekalongan.  Gedung itu dirombak menjadi Museum Batik indonesia, karenan bangunannya termasuk kuno, yakni dibangun pada zaman penjajahan Belanda.  Didalamnya, terdapat beberapa kamar yang luas degnan pintu dan jendela besar, sehingga terasa sekali nuansa sejarah yang tinggi.  Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan bermacam kendaraan atau angkutan kota.  Terletak di daerah bundaran Jatayu dekat jalan Diponegoro Kota Pekalongan.  Batik Pekalongan banyak dipengaruhi gabungan atau pembauran unsur lokal, arab, cina dan berlanda.  Sungguh sebuah warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Pantai Pasir Kencana
Tempat santai menyajikan keindahan dan kesejukan khas pantai dengan hamparan pasir pantai.  Rekreasi yang ditawarkan ditempat ini selain pemandangan, yaitu bersampan, perahu siar dan memancing.  Terletak 4,5 km ke arah utara dari kota berdekatan degnan TPI(Tempat Pelelangan Ikan) dan Muara Pelabuhan Pekalongan.  Tersedia fasilitas : mainan anak-anak, panggung terbuka, areal parkir, Musholla, MCK dan mandi bilas.  Dapat menyaksikan timbul dan terbenamnya matahari.  Luas 3,5 Ha tidak jauh dari Pantai Pasir Kencana, kira-kira sejauh 500 m kearah barat, wisatawan dapat menikmati hidangan ikan bakar di Rumah Makan Pantai Sari atau Rumah Makan Wiroto, sambil menikmati suasana gelombang air laut dan semilirnya angin pantai.  Masih ada potensi Pantai Pasir Kencana kearah barat, yaitu terdapat Krematorium, Pura dan tambak.

Pantai Slamaran Indah
Terletak disebelah timur pantai pasir kencana dibatasi oleh muara pelabuhan perikanan nusantara Pekalongan (PPNP) dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiar dan lewat darat 5 km dari kota/terminal bus.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir cukup, masih berupa hutan pantai yang alami, bisa menikmati terbit dan terbenamnya matahari dengan suasana yang indah, dengan luas 7 Ha.  Cocok bagi anda yang mempunyai jiwa natural.  Obyek wisata SLAMARAN INDAH merupakan Daerah pesisir yang bisa memberikan rasa sejuk dan nyaman.  Dengan legenda DEWI LANJAR sebagai RATU PANTAI UTARA Pekalongan, konon memiliki paras yang cantik jelita tiada bandingan.
Pemandian Air Panas Tirto Bumi
Merupakan tempat pemandian dengan air panas yang alami, mengandung belerang dan bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit maupun reumatik.  Terletak di Jl. Jend. Sudirman No. 135 Pekalongan.

Kolam Renang Tirtasari
Merupakan kolam renang umum yang terletak di jl. Perintis Kemerdekaan.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, warung makan