Wednesday 5 June 2013

Objek Wisata Kabupaten Jepara



Tempat wisata atau objek wisata di Kabupaten Jepara antara lain :

Museum RA. Kartini
Museum ini menempati salah satu kamar yang dulu digunakan oleh R.A Kartini untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari, menulis buah pikiran atau ide-ide beliau, juga tempat untuk melahirkan putera satu-satunya yang bernama RM. Susalit, hingga beliau wafat.  Disini pengunjung dapat melihat perabotan yang dulu digunakan RA. Kartini seperti : Perabotan rumah tangga, furniture, lukisan karya R.A Kartini, foto kenangan masa hidupnya. Komplek rumah ini masih berdiri kokoh dan bentik bangunan gedung yang dulu untuk mengajarkan anak-anak bumi putera masih asli. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, pendopo

Pantai Kartini
Merupakan obyek wisata dengan latar belakang pemandangan Laut Jawa. Pengunjung dapat menikmati deburan ombak laut Jawa dan mandi Laut. Terletak dijalur raya jalan Semarang-Surabaya yaitu Jl. Dipenogoro No.82 . Laut ini dipenuhi lalu lalangnya perahu nelayan yang s edang melaut maupun yang sedang melabuh disekitar pantai Kartini. Angin laut yang segar dan rimbunnya pepohonan ditaman sangat cocok untuk bersantai atau melepas kepenatan setelah perjalanan yang melelahkan. Pada setiap bulan Syawal tanggal 6,7,8 ditamam ini diselenggarakan Syawalan dengan kegiatan Loban (wisata laut), pasar malem. Fasilitas yang tersedia : Kolam Renang, MCK, taman bermain anak-anak, perahu wisata, tempat parkir yang luas, cafetaria.

Pantai Tirta Samudera
Pantai  dengan hamparan pasir putih yang sangat panjang dan airnya yang jernih, pengunjung dapat mandi dilaut dan dapat menyaksikan sinar matahari terbit. Obyek ini terletak di Desa Bandengan, berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Jepara kearah utara, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi dan umum. Fsilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, warung makan, kios cinderamata, Cottage.

Taman Nasional Laut Karimunjawa
Kepulauan Karimunjawa ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut pada tahun 1988 dengan luas 111.625 ha yang terdiri dari 1.505,4 ha daratan dan 110019,6 ha perairan. Potensi pariwisata Kep. Karimunjawa adalah keindahan bawah laut dengan aneka terumbu karang dan ikan hiasnya, kegiatan yang dapat dilakukan diving, snorkeling, memancing, berlayar. Kep. Karimunjawa terletak 45 mil sebelah barat Kota Jepara, perjalan ke Karimunjawa dapat dilakukan melalui laut atau udara.
Transportasi laut yang ada berangkat dari Pelabuhan Kartini Jepara dengan menggunakan KM. Muria 2 kali seminggu atau berangkat dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang dengan kapal cepat Kartini setiap     hari sabtu dan senin. Transportasi udara dapat ditempuh dari bandara A. Yani Semarang menuju Bandara A. Yani Semarang menuju Bandara Dewadaru di P. Kemujan dengan pesawat carteran. Fasilitas yang tersedia : Pelabuhan, Bandara perintis, kapal kaca, peralatan snorkeling, diving, homestay, hotel.

Benteng Portugis
Merupakan benteng peninggalan protugis yang dibangun pada tahun 1632, panjang bentengnya sisi timur 33,50 meter, sisi barat 37 meter, lebar sisi selatan 28,50 meter, lebar sisi utara 20,30 meter, tinggi benteng sisi timur dan barat 0,70 meter dan tinggi sisi utara 0,70 meter. Terletak di Desa Banyumanis.Kec. Keling, berjarak 45 km dari kota jepara kearah utara, untuk mencapai tempat ini sangat mudah dengan kendaraan pribadi maupun umum. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, gardu pandang, warung makan.

Air Terjun Songgo langit
Air terjun ini mempunyai ketinggian 80 meter, dengan panorama alam sekitarnya yang indah dan udaranya yang sejuk. Terletak di Desa Blucu Kec. Kembang, berjarak 30 Km dari Kota Jepara kearah utara, untuk mencapai kota ini dengan mudah kendaraan umum maupun pribadi.

Monumen Ari-Ari
Terletak di Desa Mayong, berjarak 25 km dari Kota Jepara arah perjalanan ke Kudus. Ditempat ini RA. Kartini dilahirkan dari ari-arinya masih tersimpan dengan baik