Wednesday 5 June 2013

Objek Wisata Kabupaten Rembang



Tempat wisata atau objek wisata di kabupaten Rembang antara lain :

Taman Rekreasi Pantai Kartini
Merupakan obyek wisata unggulan bagi Kota Rembang dengan latar belakang pemandangan Laut Jawa. Pengunjung dapat menikmati deburan ombak laut Jawa dan mandi Laut. Terletak dijalur raya jalan Semarang-Surabaya yaitu Jl. Dipenogoro No.82 . Laut ini dpenuhi lalu lalangnya perahu nelayan yang s edang melaut maupun yang sedang melabuh disekitar pantai Kartini. Angin laut yang segar dan rimbunnya pepohonan ditaman sangat cocok untuk bersantai atau melepas kepenatan setelah perjalanan yang melelahkan. Pada setiap bulan Syawal tanggal 6, 7, 8 ditamam ini diselenggarakan Syawalan dengan kegiatan Loban (wisata laut), pasar malem. Fasilitas yang tersedia : Kolam Renang, MCK, taman bermain anak-anak, perahu wisata, tempat parkir yang luas, cafetaria.

Museum Kartini
Museum ini berada dilingkungan rumah dinas Bupati Rembang (Jl. Gatot Subroto 8) menempati salah satu kamar yang dulu digunakan oleh R.A Kartini untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari, menulis buah pikiran atau ide-ide beliau, juga tempat untuk melahirkan putera satu-satunya yang bernama RM. Susalit, hingga beliau wafat.  Disini pengunjung dapat melihat perabotan yang dulu digunakan RA. Kartini seperti : Perabotan rumah tangga, furniture, lukisan karya R.A Kartini, foto kenangan masa hidupnya. Kompelk rumah ini masih berdiri kokoh dan bentik bangunan gedung yang dulu untuk mengajarkan anak-anak bumi putera masih asli. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, pendopo.

Makam RA. Kartini
Terletak diDesa Bulu sekitar 17,5 km dari Kota Rembang kearah selatan jurusan Blora. Ditempat ini pada tanggal 17 September 1904 dimakamkan pahlawan Pergerakan Wanita Indonesia ini. Makam ini menepatkan area seluas 10 Ha yang juga menjadi makam keluarga Bupati Rembang pada masa kepemimpinan R.M.A.A Djoyodiningrat. Untuk mencapai tempat tersebut mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umu. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir yang luas, Mushola, Bumi perkemahan, kios Cenderamata.

Wisata Alam Kajar
Obyek ini merupakan hutan lindung dengan luas sekitar 17,1 Ha  yang dikelola Perhubungan. Terletak diDesa Gading berjarak 49 km dari Kota Rembang ke arah tenggara. Diarea tersebut ada sumber alami, aneka satwa, pelaestarian tanaman yang langka yang sering digunakan untuk penelitian, juga wisata buru, wisata agro dan wisata tirta
Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, kolem renang, taman bermain anak-anak, sheler. Ruang informasi, jalan setapak goa tambutm bumi perkemahan.

Hutan Wisata Kartini Mantingan
Obyek ini merupakan hutan jati dengan luas arena sekitar 39,7 Ha yang dikelola oleh Perhutani Mantingan. Terletak di Kec. Bulu berjarak 22 KM dari Kota Rembang kearah selatan jurusan Blora. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, taman bermain anak-anak, kolem renang, ruang informasi, shelter, bumi perkemahan, pesanggrahan dan lapangan Tenis.