Wednesday 5 June 2013

Objek Wisata Kabupaten Banyumas



 Tempat wisata atau objek wisata di Kabupaten Banyumas antara lain :

Lokawisata Baturaden
Taman rekreasi yang lokasinya di lereng Gunung Slamet tepatnya di Desa Karangmangu Baturaden, berhawa sejuk dan pemandangannya yang indah selauas 16,5 ha. Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, Arena permainan anak-anak, kolam renang, panggung hiburan, taman botani, kolam pancing, kolam sepeda air, pemandian air panas, tempat penginapan, bumi perkemahan. 

Wana Wisata
Merupakan cagar alam dan tempat pembibitan tanaman produksi seperti pinus, cemara.  Pengunjung dapat menikmati keindahan alam hutan dan dapat berkemah terletak 2 km dari Lokawisata Baturaden.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, warung makan.

Curug Cipendok
Merupakan air terjun yang masih alami dengan ketinggian 92 m dan dikelilingi oleh hutan disekitarnya, terletak kurang lebih 25 km dari Kota Purwokerto kearah barat. 

Telaga Sunyi
Tempat rekreasi yang menyajikan sebuah telaga yang indah dengan air yang dingin.  Terletak sekitar 3 kmdi sebelah timur Loka Wisata Baturaden  Fasilitas : Kantor Pengelola, Parkir, Mushola, MCK, P3K. 
Pancuran Telu
Merupakan sumber air(pancuran air) panas yang berjumlah tiga, banyak mengandung belerang yang dapat untuk megobati penyakit kulit dan rheumatik.  Fasilitas:Kantor Pengelola, Parkir, Mushola, MCK, P3K. 

Pancuran Pitu
Merupakan sumber air(pancuran air) panas yang berjumlah tujuh buah yang bersuhu sekitar 70o-90o C, banyak mengandung belerang yang dapat untuk mengobati penyakit kulit dan rheumatik.  Fasilitas:Kantor Pengelola, Parkir, Mushola, MCK, P3K. 

Pemandian Kalibacin
Merupakan pemandian air mineral yang dapat menyembuhkan penyakit rheumatik dan penyakit kulit, terletak di Kec.  Rawalo, Pemandian ini merupakan peninggalan jaman Belanda.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, warung makan. 

Curug Ceheng
Merupakan air terjun yang masih alami, terletak di kecamatan Sumbang, berjarak kurang lebih 7 km dari kota Purwokerto kearah timur laut

Desa Wisata Ketenger
Desa wisata ini terletak di Desa Ketenger Kec.  Baturaden Kab. Banyumas, Jawa Tengah, selain alamnya yang menarik, Desa Ketenger juga memiliki beberapa situs peninggalan masa lampau, diantaranya Rel Lori, situs masa lalu peninggalan Belanda, Bendungan peninggalan masa pendudukan jepang yang dijadikan sebagai lokasi wisata tirta.  Kesenian dan Kebudayaan Rakyat seperti Lengger, Kuda Lumping, Sanggar Tari dan Siteran, Sanggar Teater, Begalan Gumbengan, Rengkengan, Gejogan Lesung, Kentongan, Egrangan, Pantun, dan Wayang Kulit merupakan bagian dari atraksi wisata di desa ini yang dapat dinikmati wisatawan.  Selain itu para wisatawan juga dapat menikmati makan khas seprti mendoan, pecel, nopia, badeg, wedang jahe susu, sate dan sebagainya.  Beberapa hasil kerajianan desa Ketenger yang dapat dijadikan cinderamata bagi wisatawan antara lain kerajinan logam dan seni lukis dengan medida kaca.  Bagi wisatawan yang ingin menginap tersedia sarana akomodasi berupa pondok wisata yang dikelola oleh masyarakat.