Wednesday 5 June 2013

Objek Wisata Kabupaten Pati



Tempat wisata atau objek wisata di Kabupaten Pati antara lain :

KEBUN KOPI JOLONG
Hamparan kebun Kopi yang sangat Luas, dengan hawa yabg sejuk, terletak dilereng Gunung Muria membuat kebun kopi ini banyak dikunjungi wisatawan.

WADUK GUNUNG ROWO INDAH
 Waduk ini luasnya sekitar 320 ha, yang di kelilingi gunung dan lembah-lembah dengan panorama alam yang indah.Obyek ini terletak di desa Sitiluhur, Berjarak ± 16 Km dari kota Pati kearah utara.Pengunjung dapat menikmati hawa sejuk dan pemandangan alam sekitar berupa Gunung dan lembah dengan  tanaman kopi,cengkeh,buah-buahan dan pertanian lain. Wisatawan dapat beraktifitas dengan bersampan mengelilingi waduk dan naik kereta mini menelilingi sekitar waduk.Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, gardu pandang, panggung terbuka, speedboat, bebek air, jalan lingkar waduk

MAKAM SYEH JANGKUNG LONDOH
Menurut cerita Saridin (Syeh Jangkung) dilahirkan di Desa Londoh Kiringan Tayu.Setelah dewasa beliau berkelana di daerah-daerah Pulau Jawa bahkan sampai di Sumatra untuk menyebarkan Agama Islam. Semasa hidupnya Beliau berwasiat apabila wafat agar dimakamkan di Desa Landoh Kayen. Makam ini banyak dikunjungi peziarah khususnya pada hari malam Jum’at Kliwon dan Jum’at Legi, dan upacara khaul dilaksanakan setiap tanggal 14-15 bulan Rajab dengan acara ganti kelambu, pengajian dan pasar malam. Terletak di Desa Kayen, Kec. Kayen ± 17 km dari Kota Pati ke arah selatan, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
Fasilitas yang tersedia : pendopo, masjid.

AIR TERJUN GRINJINGAN SEWU
Air terjun dengan ketinggian 25 m, ditengah kesejukan alam yang asri dan indah, yang terletak di desa Jrahi Kec. Gunungwungkal. Karena akses untuk menuju obyek ini sangat sulit dilalui kendaraan membuat  obyek wisata alam jarang dikunjungi wisatawan.

GOA PANCUR
Merupakan goa stalakmit dan stalaktik indah yang dikelilingi hutan jati, di dalam goa masih menggenang air seperti sungai dan air tersebut digunakan untuk mengairi sawah sekitarnya. Panjang goa 736 m dengan debit air 401/detik cukup untuk pengairan sawah di sekitarnya .
Fasilitas yang tersedia :tempat parkir, kolam pancing rumah makan apung.

PANTAI PELABUHAN IKAN BANYUTOWO
Dengan pemandangan laut lepas diwilayah utara laut Jawa membuat pantai ini dijadikan pelabuhan ikan, tempat pesiar perahu nelayan tradisional, dan sebagai tempat untuk memancing oleh warga sekitar pantai.

PINTU GERBANG MAJAPAHIT
Merupakan peninggalan kerajaan Majapahit hindu, konon pintu tersebut dibawa oleh Kebo Anyabrang atas perintah Sunan Muria salah satu dari Walisongo untuk  melanjutkan perjalanan akhirnya Sunan Muria memerintahkan Kebo Anyabrang untuk menunggu pintu gerbang tersebut sampai meninggal dunia. Terletak di Desa Muktiharjo, kecamatan Argo berjarak ±4 km dari Kota Pati.

SENDANG TIRTA MARTA SANI
Terletak di Dukuh Sani Ds. Tamansari Kec. Telonggowungu. Wisata sekeluarga dengan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. HTM. Rp.1.000, fliying fox Rp.6.000, kolam renang Rp,1.500