Wednesday 5 June 2013

Objek Wisata Kabupaten Sukoharjo



Tempat wisata atau objek wisata di Kabupaten Sukoharjo antara lain :

Batu Seribu
Merupakan tempat rekreasi keluarga yang didalamnya terdapat sumber air yang lebih dikenal dengan nama panca warna mengandung unsur-unsur kimia yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Terletak  di sebuah bukit kecil dengan pemandangan yang indah asri dan udara yang segar, terletak di Desa Gentan Kec. Bulu pada jalur jalan Nguter-Gentan, berjarak ± 13 km dari Kota Sukoharjo.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, warung makan, kios cinderamata, area tempat bermain anak-anak, panggung hiburan, kolam renang bertingkat, area perkemahan, gardu pandang.

Wisata Tirta Grogol Indah
Merupakan wisata tirta yang setiap periode tertentu diadakan lomba balap getek dan tangkap itik. Terletak di Desa Telukan dan Pondok, Grogol.
Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, Bebek air, Perahu dayung maupun bermesin, warung makan

Pesanggrahan Langenharjo
Merupakan suatu pesanggrahan peninggalan Kraton Surakarta, dibangun oleh Raja Pakubuwono X dan dibagian belakang terdapat pemandian air panas, dahulu kala merupakan tempat meditasi dan liburan bagi keluarga raja. Obyek ini terletak di Desa Langenharjo, Kec. Grogol, berjarak 6 km dari Kota Solo kearah selatan.
Fasilitas yang terrsedia : Tempat parkir, MCK, pemandian air panas

Makam Balakan
Makam keturunan Raja Brawijaya sangat dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, pada malam Selasa Kliwon banyak dikunjungi para peziarah. Terletak di Desa Balakan (Mertan), Kec. Bendasari

Situs Kraton Kartosuro
Terletak di Kelurahan Kartosuro, Kec. Kartosuro, berjarak 25 km dari Kota Sukoharjo kearah barat. Kini Kraton Kartosuro tinggal bekasnya saja, dengan pagar tembok/beteng dari batu bata setebal 2-3 meter dan tinggi kurang lebih 3 meter. Peninggalan (petilasan) yang membuktikan keberadaan Kraton Kartasura, antara lain: Alun-alun, Kolam Segaran (sekarang menjadi lapangan), Gedong obat (dahulu gudang mesiu), Tembok berlubang akibat geger Pacinan, Sumur Madusaka yang digunakan untuk memandikan pusaka-pusaka kerajaan, Makam Bray. Sedah Mirah, masjid yang dibangun Sunan Paku Buwono II. Peninggalan-peninggalan lain adalah Genthong batu, Yoni, Lingga, Masjid Zaman Pakubuwana X serta tombak Kyai Jangkung dan Tombak Kyai Slamet

Pandawa Water World
Pandawa Water World (PWW)  adalah daya tarik wisata  yang berlokasi  di Kawasan Solo Baru,  Kab. Sukoharjo,  hanya 1 km dari Kota Solo  ke arah Selatan. Sesuai namanya, Pandawa Water World, tokoh Pandawa Lima diabadikan di sana. Gaya arsitektur bangunan  tempat wisata air ini   merupakan  perpaduan antara unsur modern dan tradisonal.  Pengunjung tak sekadar bermain dalam dunia air, tetapi melakukan apresiasi terhadap dunia pewayangan. Berbagai fasilitas wisata air seperti kolam renang,  surving boogie, lazy river, Bungy Tower dll terdsedia di PWW.