Wednesday 5 June 2013

Objek Wisata Kabupaten Boyolali



Tempat wisata atau objek wisata di Kabupaten Boyolali antara lain :

Umbul Pengging
pemandian ini dahulu digunakan oleh Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sri Paduka Susuhunan Paku Buwono X beserta kerabatnya. Umbul Pengging ini, setiap dua hari menjelang bulan Puasa diadakan Even Padusan. Selain itu, ada sebuah ritual yang dilakukan pada hari-hari tertentu, yaitu ritual merendam diri di dalam air sebatas leher yang dimulai mulai pukul 24.00 - 03.00 wib.
Umbul Pengging yang berada di Desa Dukuh Kecamatan Banyudono Boyolali, menurut berbagai sumber cerita merupakan peninggalan Ki Ageng Pengging ketika zaman peralihan kerajaan Majapahit pada Kerajaan Demak lantas dibangun oleh Keraton Surakarta. Penggunaannya pun dikhususkan untuk Raja dan kerabat kasunanan Surakarta.
Ada tiga buah pemandian, antara lain Pemandian Umbul Manten, Pemandian Umbul Ngabean, Pemandian Umbul Dudo. Tersedia Lapangan Tenis 2 band, Arena bermain, Kios cinderamata, pemancingan, dan rumah makan lesehan, rumah makan apung, parkir yang luas.

Agra Merapi – Merbabu
Terletak di Desa Lencoh, semirah dan Selo. Kec Solo diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, berjarak 20 km dari Kota Boyolali kearah barat, bagi pencinta alam dapat melakukan pendakian puncak Merapi maupun puncak Merbabu lewat jalur pendek. Fasilitas yang tersedia tempat parkir, MCK, Gardu Pandang, Alat teropong gunung, eumah makan, homestay

Ekowisata Taman Air Indonesia (ETASIA)
Etasia bukan sekedar taman bermain air tetapi juga taman edukasi keluarga . Terletak di  Tlatar  Kab. Boyolali.   Berbagai fasilitas tersedia untuk bersantai  sambil bermain dan belajar seperti :   kolam keceh dimana  kita bebas nyebur dan bersatu bersama ikan- ikan yang ada di kolam keceh tersebut, kolam renang untuk anak - anak  dengan airnya yang bersih dan segar tanpa kaporit, kemudian ada kolam becak air, pemancingan, taman dibawah pohon cemara dan juga ada wahana woodball etasia, flying fox serta terapi pijat dengan ikan. Disamping itu  tersedia pula  hidangan menu  masakan ikan air tawar.

Waduk Cengklik
Daya tarik wisata ini terletak di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak ± 20 km, kearah timur laut Kota Boyolali, waduk dengan luas genangan 300 ha ini dibangun pada jaman Belanda, tujuannya untuk mengairi lahan sawah seluas 1.578 ha, bisa untuk latihan sky air. Lokasi berdekatan dengan Bandara Adi Sumarmo. Fasilitas yang tersedia : area pmenacingan, rekreasi air, karamba ikan, arena bersepeda, rumah makan terapung, pemancingan, dll

Makam Ki Ageng Pantaran
Di Pantaran Desa Candisari Kecamatan Ampel. Jarak tempuh dari kota 17 km. Makam ini cukup potensial sebagai tempat ziarah, karena terdapat Petilasan Ki Kebo Kanigoro, petilasan Syeh Maulana Malik Ibrahim Maghribi, Petilasan Ki Ageng Pantaran. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam di kaki gunung Merbabu dan air terjun Si Pendok. Setiap tanggal 20 Suro diadakan event upacara tradisional Buka Luwur. Fasilitas: Bangsal tempat tirakat, Bukit Perkemahan Indraprasta.

Makam Gunung Tugel
Merupakan wisata ziarah, setiap malam Jum’at dan Selasa Kliwon banyak dikunjungi para peziarah, terletak di Desa Nglembu, Kec, Sambi, berjarak sekitar  20 km dari Kota Boyolali kearah  timur

Wisata Kedung Ombo
Obyek wisata tirta yang terletak di  Desa Wonoharjo, Kec. Kemusu, berjarak sekitar 50 km dari Kota Boyolali kearah utara. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, rumah making terapung, bumi perkemahan, pemancingan, mainan anak-anak, bangsal pertemuan, wisata air.
Waduk Kedung Ombo merupakan bendungan raksasa seluas 6.576 hektar yang areanya mencakup sebagian wilayah di tiga Kabupaten, yaitu; Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Waduk yang membendung lima sungai itu terdiri dari wilayah perairan seluas 2.830 hektar dan 3.746 hektar lahan yang tidak tergenang air. terletak di  Desa Wonoharjo, Kec. Kemusu, berjarak sekitar 50 km dari Kota Boyolali kearah utara . Daya tarik wisata ini sekarang dikembangkan menjadi obyek wisata Tirta, Hutan, Budaya dan Agrowisata. Selain disuguhi pemandangan nan indah, para pengunjung Waduk Kedung Ombo bisa menikmati wisata air, menumpang perahu motor bertualang mengunjungi pulau-pulau yang bermunculan di tengah waduk. Anda penyuka ikan bakar atau hobi mengail ikan.

Desa Wisata Selo
Desa wisata ini terletak di jalur Kawasan Wisata Solo-Selo-Borobudur (SSB), sekitar 20 Km dari Kota Boyolali. Keunikan dari desa wisata ini yang dapat dinikmati oleh wisatawan adalah panorama pedesaan yang dikombinasikan dengan pemandangan gunung Merapi dan Merbabu. Di sana sudah tersedia sarana akomodasi dengan pondok-pondok wisata yang dikelola sendiri oleh masyarakat setempat, sehingga wisatawan dapat berinterkasi secara langsung. Bagi wisatawan yang menyukai petualangan alam tersedia  paket wisata  pendakian  Gunung Merapi dan Merbabu. Selain itu wisatawan dapat menikmati sajian khas wisata kuliner berupa jadah bakar yang dipadukan dengan tempe bacem