Tuesday 18 September 2012

Padepokan Gunung Laos


Padepokan Gunung Laos merupakan suatu tempat yang terletak di Desa Kaliwangi. Merupakan sebuah gunung yang masih asri dan masih asli. Padepokan Gunung Laos merupakan karya cipta seorang putra daerah Banyumas yaitu Drs. Hadi Wasikoen yang lahir di Desa Karangtalun Lor. Beliau merupakan tokoh nasionalis.

Beliau Drs. Hadi Wasikoen yang pernah menjabat di Komisi IX DPR merupakan sosok yang peduli akan daerah asalnya.  Ide mendirikan Padepokan Gunung Laos tercipta manakala beliau sudah tidak menjabat lagi di DPR. Dan perlu diketahui bahwa Padepokan Gunung Laos merupakan tempat yang di punyai beliau pribadi namun kegunaannya sering untuk kepentingan umum. Hal ini menunjukkan bahwa beliau peduli akan pemeliharaan nilai-nilai radisional nenek moyang.

Atas dasar prinsip untuk memelihara, mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan nenek moyang luhur, agar bangsa tetap kuat dan sentosa berdasarkan Pancasila, maka di buatlah Padepokan Gunung laos pada tahun 2001. Padepokan Gunung Laos Desa Kaliwangi sebagai lembaga swasta yang berusaha peduli terhadap pemeliharaan nilai-nilai tradisional khususnya di bidang kebudayaan

Padepokan Gunung Laos sering di gunakan  untuk tempat perkemahan, pagelaran wayang kulit, maupun out study bagi para mahasiswa. Ke depan Padepokan Gunung Laos Desa Kaliwangi dapat menjadi obyek wisata handal di Kecamatan Purwojati selain Gunung Putri Desa Kalitapen.

Demikian sekelumit informasi,tentang Padepokan Gunung laos Desa Kaliwangi.